Cara Mudah Menghafal (Biologi)


Assalamulaikum Sobat Teladan, gimana nih kabarnya ? buat Sobat yang masih Jadi Pelajar alias murid khususnya yang pengen jadi Murid Teladan. apalagi buat sobat - sobat yang masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). oh iya sob gimana nih udah ada persiapan belum untuk menghadapi Ujian Akhir Semesternya (UAS) ? apalagi buat mata pelajaran satu ini, yaitu “biologi” yang banyak berkutat dengan bahasa ilmiah. Hehe

Udah tau bagaimana cara mempelajari biologi dengan mudah ? atau udah punya cara belajar sendiri ? nah kalo belum, pas banget nih pada kesempatan kali ini Murid Teladan akan membagi salah satu tips mudah menghafal biologi. Namun sebelum kita bahas itu, sebenarnya kalian tau gak sih  apa itu biologi ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biologi merupakan ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Adapun definisi lain yang menyatakan bahwa biologi merupakan ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari semua tentang makhluk.
Biasanya biologi lebih identik dengan hafalannya. Namun tak sedikit siswa menganggap “remeh” pelajaran ini, karena menurutnya dengan membaca atau mendengar penjelesan guru saja mereka akan mudah menghadapi soal-soal biologi saat ujian. Padahal, selain membaca dan memperhatikan guru, alangkah lebih baik lagi jika kita mau menghafalnya. Nah, yang membuat banyak siswa malas menghafal adalah karena istilah yang digunakan ilmu ini tidaklah mudah. Oke kita langsung saja bahas cara mudah menghafal biologi :
  1. Tumbuhkan rasa suka dan cinta pada biologi.
Hal ini sangat penting untuk mudah menghafal biologi, karena dengan adanya rasa suka dan cinta pada ilmu biologi, kita akan membaca buku-buku dan artikel terkait tanpa paksaan dan melakukannya dengan rasa ikhlas. Ini sangat berpengaruh, karena dengan melakukan apa yang kita suka, kita tidak akan merasa lelah ataupun tertekan.
  1. Membaca artikel terkait yang menarik.
 Bila memulai membaca buku mata pelajaran menjadi sesuatu yang sangat sulit, mulailah membaca artikel yang bertemakan ilmu biologi dengan hal-hal yang menarik. Contohnya membaca artikel tentang suatu penyakit atau fakta unik tentang binatang.
  1. Memilih buku yang menarik.
Untuk para orang tua, lebih baik membantu anak-anaknya mencari buku ilmu pengetahuan yang menarik. Hal ini terjadi karena agar seimbangnya fungsi otak kanan dan kiri, dimana yang kita ketahui bahwa otak kanan bekerja dengan ekspresif dan kreatif  yang meliputi gambar dan imajinasi, sedangkan pada otak kanan berfungsi untuk berfikir analitis. Ini akan mempermudah anak untuk menghafal materinya, agar selain menganalisis, anak juga dapat dengan mudah membayangkan sesuatu yang dipelajarinya.
  1. Memahami istilah-istilah terkait.
Biologi yang tidak terlepas dari bahasa ilmiah membuat orang merasa sulit mempelajarinya. Untuk itu, apabila kita menemukan bahasa-bahasa ilmiah yang tidak kita mengerti saat membaca buku biologi, maka disarankan untuk mencari tau apa maksud atau makna dari istilah tersebut, agar kita dengan mudah memahami materi yang sedang dipelajari. Contohnya pada istilah “abiotik” yang berarti sebutan bagi sesuatu yang tak hidup seperti air, udara dan cahaya matahari.
  1. Membaca secara tuntas
Nah sebelum menghafal suatu materi dari berbagai ilmu khususnya biologi, kita harus membaca secara tuntas, agar tidak terjadi kesalahan penafsiran dalam menghafalnya.
  1. Mendalami materi
Setelah kita membaca materinya, maka harus disertai dengan pendalaman materinya. Hal ini bisa kita lakukan dengan membuat main mapping berdasarkan imajinasi kita misalnya membuat gambar pohon dimana batang sebagai judul materinya dan ranting sebagai subbabnya, serta daun-daun sebagai pokok-pokok materi dari setiap subbabnya. Selain itu bisa juga kita mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang kita pelajari.
  1. Menghubungkan materi dengan berbagai disiplin ilmu
Untuk mempermudah menghafal biologi, maka hubungkanlah materi yang kita pelajari dengan berbagai disiplin ilmu. Misalnya untuk mempelajari materi metabolisme sel, kita juga harus memahami salah satu disiplin ilmu yang lain seperti kimia. Karena salah satu subbab materinya mempelajari proses kimia sel.
  1. Membuat Jembatan Keledai.
Jembatan keledai merupakan salah satu metode yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk mempermudah proses menghafal.  Biasanya mtode ini berupa kata atau suku kata yang membentuk kalimat menarik atau masuk akal untuk mengingat susunan kata yang ingin dihafal. Contohnya pada urutan pembelahan mitosis “Profase – Metafase – Anafase –Telofase” kita dapat membuat jembatan keledainya menjadi “Profesor Metal Anaknya Tiga” atau pada urutan fase embrionik untuk manusia dan hewan  “Morula – Blastula – Gastrula –Morfogenesis – Diferensiasi – Spesialisasi Jaringan – Imbas Embrionik –Organogenesis”, jembatan keledainya “Mobil Balap nge-GasMogok Dari Semenjak Ilang Onderdilnya”.
Nah mungkin temen-temen bisa nih mencobanya. Sekian aja nih tips dari Murid Teladan. Semangat belajar dan semoga tips ini berhasil.
Akhir kata Wassalamualaikum 
Cara Mudah Menghafal (Biologi) Cara Mudah Menghafal (Biologi) Reviewed by Affani on 10:30 PM Rating: 5

2 comments:

Ads

Powered by Blogger.